Resep Nasi kuning Tumpeng tradisional Anti Gagal

Diposting pada
Resep Nasi kuning Tumpeng tradisional Anti Gagal

Nasi kuning Tumpeng tradisional. In Indonesia, nasi kuning is a traditional yellow rice flavored with coconut and turmeric. This festive dish, sometimes also served as a tumpeng, is most often eaten on the occasion of joyous events. Nasi kuning is a traditional yellow rice dish in Indonesia.

Resep Nasi kuning Tumpeng tradisional Anti Gagal Nasi yang disajikan untuk Nasi Tumpeng umumnya adalah Nasi Kuning, walaupun ada juga yang membuat Nasi Tumpeng dengan menggunakan Nasi Tumpeng Putih atau Nasi Tumpeng Uduk. Nasi Tumpeng merupakan hidangan lengkap yang merupakan warisan tradisi asli budaya Indonesia yang sampai saat ini masih dianut sebagai cara mengungkapkan rasa syukur atas. Nasi kuning ini juga biasa disajikan dalam bentuk tumpeng setiap ada acara seperti ulang tahun, syukuran seperti lahiran, pernikahan, tunangan, ataupun perayaan hari besar lainnya seperti saat upacara hari raya kuningan dalam tradisi Bali sering menggunakan tumpeng ini, karena kuning menjadi salah satu warna keramat bagi masyarakat khas Bali.

Anda sedang mencari ide resep nasi kuning tumpeng tradisional yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kuning tumpeng tradisional yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

In Indonesia, nasi kuning is a traditional yellow rice flavored with coconut and turmeric. This festive dish, sometimes also served as a tumpeng, is most often eaten on the occasion of joyous events. Nasi kuning is a traditional yellow rice dish in Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kuning tumpeng tradisional, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi kuning tumpeng tradisional enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi kuning tumpeng tradisional sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Nasi kuning Tumpeng tradisional memakai 43 bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi kuning Tumpeng tradisional:

  1. Siapkan Bahan nasi.
  2. Sediakan 2 liter beras pulen/beras jawa.
  3. Gunakan 1 kg kelapa parut(peras dibuat santan).
  4. Ambil 3 lembar daun salam.
  5. Siapkan 5 lembar daun jeruk purut.
  6. Sediakan 1 ruas serai memarkan.
  7. Sediakan 1 sdt kunyit bubuk.
  8. Gunakan secukupnya garam.
  9. Sediakan secukupnya maggi/kaldu bubuk.
  10. Sediakan Bahan lauk pauk:.
  11. Gunakan mie goreng.
  12. Siapkan 1 ikat sawi.
  13. Sediakan 1 biji wortel.
  14. Gunakan 1 iris kol.
  15. Gunakan 3 siung bawang merah putih.
  16. Gunakan 200 gram kacang tanah.
  17. Ambil 1 papan tempe.
  18. Ambil 5 biji tahu besar.
  19. Siapkan 3 butir telur.
  20. Ambil 6 biji hati ayam ampela.
  21. Siapkan 1 ekor ayam potong 10.
  22. Gunakan secukupnya asam jawa.
  23. Ambil secukupnya gula merah.
  24. Siapkan secukupnya kecap manis.
  25. Sediakan 200 gram kelapa parut.
  26. Siapkan 5 sdm terigu.
  27. Siapkan 2 biji jagung manis.
  28. Siapkan 100 gram udang papay/ebi kering.
  29. Ambil secukupnya Laos,salam,serai,daun jeruk,jahe,kencur.
  30. Ambil secukupnya kacang panjang.
  31. Gunakan 2 ikat daun singkong.
  32. Gunakan secukupnya kecambah.
  33. Siapkan secukupnya garam gula.
  34. Gunakan secukupnya penyedap.
  35. Gunakan 1/4 sdt kunyit bubuk.
  36. Ambil secukupnya cabe merah.
  37. Sediakan secukupnya tomat.
  38. Ambil 1 bks terasi instan.
  39. Sediakan Bahan.pelengkap:.
  40. Ambil Daun pisang.
  41. Siapkan nyiru.
  42. Ambil gunting.
  43. Gunakan tusuk gigi.

Oleh sebab itu nasi kuning sering digunakan pada saat hari Kuningan. Nasi kuning bisanya dibentuk kerucut menyerupai gunung dan dinamakan tumpeng. Nasi kuning merupakan makanan tradisional yang sudah berumur ratusan tahun. Nasi kuning sudah ada sejak kerajaan hindu muncul di tanah Jawa.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi kuning Tumpeng tradisional:

  1. Pertama buat nasinya dulu.cuci bersih beras kemudian masukan kunyit bubuk dan garam.aduk rata masukan serai,laos salam daun jeruk kemudian masukan santan dari air kelapa parut tadi kira2 aja ya untuk 2 liter nasi kemudian didihkan/ diaron.setelah selesai diaron pindahkan ke dandang kukusan dan masak sampai matang.proses sama aja seperti masak nasi biasa..
  2. Langkah ke 2 cuci bersih ayam dan potong2 menjadi 10 bagian.ulek bahan bumbu untuk ungkepan.siapkan bawang merah dan putih sebanyak 5 biji,1 ruas jahe,1 ruas kunyit,5 butir kemiri,1/4 sdt ketumbar,semua bumbu diulek sampai halus kemudian didihkan air beserta bumbu ungkepan masukan ayamnya,kemudian masukan.gula merah secukupnya,salam,daun jeruk,serai dan laos dimemarkan masukan kedalam.air rebusan.ayam.sesekali diaduk.beri garam.gula penyedap.masak sampai air hampir habis.setelah itu tiriskan ayam pisahkan dari sisa air ungkepan tadi. Masukan kelapa parut di air ungkepan tadi aduk rata kemudian goreng beserta ayamnya.ini khasnya nasi tumpeng yang biasa dibuat mama dirumah.sisihkan ayam goreng tersebut.mulai lagi membuat lauk berikutnya..
  3. Membuat sambal goreng ati ampela ayam:cuci bersih hati ampela kemudian rebus sampai agak empuk.angkat tiriskan dan potong2.buat bahan bumbu:bawang merah dan putih serta cabe merah diulek.tumis bumbu.tadi sampai.harum kemudian masukan ati.ampela beri air asam.jawa secukupnya.gula merah secukupnya.kecap manis secukupnya.garam gula dan penyedap koreksi rasa angkat dan sisihkan.sisihkan..
  4. Membuat kering tempe kacang: 1 papan tempe iris2,memanjang agak.tipis dan goreng sampai kering.sisihkan.kacang tanah goreng.sisihkan.buat bahan bumbu: bawang putih dan merah serta cabe merah diulek halus kemudian tumis masukan tempe dan kacang tanah beri gula merah,air asam jawa,garam,gula penyedap.koreksi rasa.angkat dan sisihkan..
  5. Membuat tahu bacem dan tahu bola: Bahan bumbu bacem: tahu potong2 bawang merah putih,ketumbar,kemiri,diulek/blender halus.air kelapa(jika tidak ada air kelapa bisa skip) asam jawa,gula merah,serai,salam,kecap manis,garam gula penyedap masukan dalam sebuah panci kemudian rebus sampai air agak menyusut.angkat tiriskan dan goreng. Membuat tahu bola: tahu putih haluskan bersama 1 biji bawang putih beri 2 sdm terigu aduk sampai menyatu kemudian bentuk bulat2 kecil.goreng sampai agak kering.angkat dan sisihkan..
  6. Membuat empal jagung Jagung dipipil kemudian diulek bersama bawang putih beri terigu dan air sedikit adonan cenderung kental.beri garam gula penyedap aduk rata.masukan 1 sendok adonan kedalam wajan goreng sampai matang.angkat dan sisihkan..
  7. Membuat mie goreng: Rebus mie sampai setengah matang mie yang saia gunakan mie burung dara Bawang merah dan putih dimemarkan aja ga perlu diulek.sawi potong2,kol diiris,wortel potong memanjang.cuci bersih sayuran.tumis bawang merah putih sampai harum masukan kecap manis kemudian masukan.sayuran masak sampai setengah matang beri air sedikit.masukan mie beri garam gula penyedap.aduk rata dan sisihkan..
  8. Membuat urap: Daun singkong siangi kemudian
    rebus. Kacang panjang potong2 rebus Kecambah rebus.angkat dan tiriskan Bawang merah putih,kunyit,kencur,daun jeruk,laos diulek sampai halus.kemudian campur dengan kelapa parut beri garam gula penyedap masukan dalam wajan kemudian aduk rata beri air asam jawa masak sampai kelapa parut agak mengering.angkat dan tiriskan campur bersama sayuran urapnya aduk rata. Sisihkan..
  9. Membuat udang papay kacang Goreng udang papay kemudian goreng kacang angkat dan tiriskan.ulek bawang merah putih dan cabe kemudian tumis beri gula garam,air asam jawa gula merah masukan udang papay kacangnya masak.sampai kering.angkat dan sisihkan..
  10. Membuat telur dadar: 3 biji telur kocok lepas beri garam kemudian dadar diteflon.angkat dan gulung..
  11. Membuat sambel: Bawang merah 2 biji,bawang putih 2,biji cabe merah 2,biji,cabe rawit secukupnya,sedikit asam.jawa buang bijinya,1 bks terasi blender jadi satu sampai halus.masukan dalam.wajan beri air sedikit beri gula merah,garam,gula,penyedap dan kecap manis sedikit.ketika air mulai menyusut beri minyak secukupnya.koreksi rasa dan sisihkan.tuang sambal dalam mangkok kecil/cup sambal..
  12. Garnish:timun,tomat,cabe Siapkan nyiru yang sudah di alasi dengan daun pisang.cetak nasi kuning menggunakan cetakan tumpeng. Cetakan yang aku gunakan cetakan tingkat/borubudor.masukan nasi dalam cetakan sambil ditekan2 masukan.sampai penuh kedasar cetakan.kemudian tumpahkan.ke dalam nyiru pelan2 yaa.cetakan sebelumnya diolesi dulu dengan minyak.setelah nasi sudah ditaruh dinyiru kemudian tata lauk dan sayuran lainnya dipinggiran nasi.bebas berkreasi sesuai keinginan.setelah selesai penataan lauk kemudian buat garnishnya.sambil sesekali ditenggok jika ada yang kurang bisa didandani lagi lebih menarik sesuai kreasi masing2..
  13. Selesai deh dan foto2. Bebas berkreasi dan lauk nya bisa apa aja sesuai selera. Tumpeng untuk.yang tercinta..
BARU  Resep Terong Balado Simpel & Enak Anti Gagal

Karena itu, nasi kuning dalam bentuk tumpeng sering menjadi sajian utama dan sakral yang disajikan pada acara syukuran, atau momen bahagia lainnya seperti kelahiran, ulang tahun, tunangan, pernikahan dan lainnya. Asal nasi kuning sendiri sebenarnya dari Jawa, meski banyak sajian nasi kuning di berbagai daerah, namun pengaruhnya dari Jawa. Dalam nasi tumpeng, hal yang paling penting tentu saja nasinya. Nah, awalnya nasi yang digunakan adalah nasi putih tawar yang memiliki filosofi bahwa segala sesuatu yang kita makan harus berasal dari sumber yang halal dan bersih. Tapi sekarang nasi yang digunakan untuk tumpeng lebih bervariasi.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi kuning tumpeng tradisional yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!