Resep Sayur Daun Singkong Kuah Santan yang Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Sayur Daun Singkong Kuah Santan yang Menggugah Selera

Sayur Daun Singkong Kuah Santan. Resep Sayur Daun Singkong Kuah Santan. Ini pertama kalinya saya bikin sayur daun singkong kuah santan. Berhubung baru nemu daun singkongnya di warung sayur jadilah saya beli dan praktek dari buku resep mama saya.

Resep Sayur Daun Singkong Kuah Santan yang Menggugah Selera Dengan masakan yang sesederhana ini, suami saya makannya bisa nambah dan nambah lagi :D. Ini resep sederhana sayur daun singkong yang sering saya masak di dapur kecil saya bunda. Salah satu sayur yang paling favorit yakni gulai daun singkong.

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur daun singkong kuah santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur daun singkong kuah santan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Sayur Daun Singkong Kuah Santan. Ini pertama kalinya saya bikin sayur daun singkong kuah santan. Berhubung baru nemu daun singkongnya di warung sayur jadilah saya beli dan praktek dari buku resep mama saya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur daun singkong kuah santan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur daun singkong kuah santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur daun singkong kuah santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Daun Singkong Kuah Santan menggunakan 22 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sayur Daun Singkong Kuah Santan:

  1. Gunakan 1 ikat daun singkong, cuci.
  2. Siapkan secukupnya Jagung putren.
  3. Ambil 65 ml santan (Saya pakai santan siap pakai dari Kara).
  4. Sediakan 200 ml air (untuk merebus daun singkong).
  5. Sediakan 200 ml air (untuk memasak).
  6. Ambil 1 sdm minyak untuk menumis.
  7. Sediakan Bumbu Halus:.
  8. Gunakan 4 siung bawang merah.
  9. Gunakan 3 siung bawang putih.
  10. Sediakan 5 buah cabai rawit.
  11. Sediakan 1 sdt ketumbar.
  12. Ambil 1 sdt ebi.
  13. Ambil 5 buah pecahan kemiri.
  14. Gunakan 3 cm kunyit.
  15. Ambil Bumbu Pelengkap:.
  16. Gunakan 1 batang serai.
  17. Ambil 2 lembar daun salam.
  18. Gunakan Bumbu Kering:.
  19. Sediakan 2 sdt penyedap rasa/kaldu bubuk.
  20. Sediakan 2 sdt garam.
  21. Ambil 1 sdt gula pasir.
  22. Sediakan 1 sdt merica bubuk.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Daun singkong tumbuk khas dayak Anti Gagal

Kuah santan yang gurih dan pedas dari gulai daun singkong memberikan kenikmatan berlipat. Cocok banget dinikmati dengan lauk lainnya. Kalau kamu punya stok daun singkong di rumah, tak ada salahnya mencoba mengolahnya jadi gulai, lho. Resep Sayur Daun Singkong Dan Tempe: Pertama rebus daun singkong, setelah itu tiriskan, dan iris kasar.

Langkah-langkah membuat Sayur Daun Singkong Kuah Santan:

  1. Cuci bersih dan ulek/haluskan semua bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kemiri, ebi, kunyit dan ketumbar. (Bisa menggunakan ulekan ataupun food processor).
  2. Cuci bersih dan geprek bahan pelengkap yang terdiri dari serai serta lengkuas..
  3. Petik daun singkong ambil yang berdaun muda dan cuci bersih daun singkong tersebut kemudian rebus dalam air mendidih yang telah ditaburi sejumput garam hingga layu. (Tujuan pemberian garam ini agar warna daun tidak cepat menghitam ketika proses pemasakan) dan rebus jagung putren SD matang.
  4. Setelah layu tiriskan dari air rebusan kemudian potong-potong daun sesuai selera..
  5. Panaskan sedikit minyak dalam wajan kemudian tumis bumbu halus beserta geprekan lengkuas dan serai, jangan lupa masukan juga daun salam. Tumis hingga harum dan daun salam terlihat layu. Tambahkan air 200 ml dan beri bumbu yang terdiri dari garam, penyedap rasa/kaldu bubuk, gula dan merica. Tunggu hingga mendidih dan tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk..
  6. Tunggu hingga kuah santan mendidih, kemudian koreksi rasa. Jika sudah pas, siap disajikan..

Tumislah bumbu halus dengan daun sereh, salam,dan lengkuas sampai harum. Tuangkan santan encer, masak sambil diaduk sampai mendidih. Masukan tempe, dan masak sebentar sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah. Resep resep masakan udang Daun singkong Resep sayur daun singkong resep daun singkong. Pisahkan daun singkong dari batangnya, rendam di air bersih.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur Daun Singkong Kuah Santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!