Resep Sop Empal Muntilan Anti Gagal

Diposting pada
Resep Sop Empal Muntilan Anti Gagal

Sop Empal Muntilan. Questions and answers View all q&a Get an answer. Makanan sederhana yang selalu terkenang kenang saat ke magelang lewat muntilan. Penampilannya yg sederhana dgn sambelnya yg super pedas.

Resep Sop Empal Muntilan Anti Gagal Warung Sop Empal Bu Haryoko ini berada di jalan Veteran, Muntilan. Kalau dari arah Jogja, belok kanan pada jalan satu arah sebelum Klenteng Hok An Kiong. Warung Bu Haryoko berada di pinggir jalan tidak jauh dari jalan utama Jogja-Muntilan.

Lagi mencari inspirasi resep sop empal muntilan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sop empal muntilan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sop empal muntilan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sop empal muntilan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Questions and answers View all q&a Get an answer. Makanan sederhana yang selalu terkenang kenang saat ke magelang lewat muntilan. Penampilannya yg sederhana dgn sambelnya yg super pedas.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sop empal muntilan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sop Empal Muntilan memakai 32 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sop Empal Muntilan:

  1. Ambil Bacem daging.
  2. Siapkan 1.5 kg daging.
  3. Siapkan 2 lt air.
  4. Sediakan 5 B merah.
  5. Sediakan 2 B putih.
  6. Gunakan 2-3 sdm Gula merah.
  7. Sediakan 2 Kemiri.
  8. Sediakan 1/2 sdt Ketumbar.
  9. Sediakan 2 Daun salam.
  10. Sediakan 2 cm lengkuas keprak.
  11. Ambil 1 Sereh keprak.
  12. Sediakan 1 cm Jahe.
  13. Ambil 1-2 sdt Garam.
  14. Gunakan 1 sdm Kaldu sapi.
  15. Ambil Bahan sop.
  16. Sediakan 2 lt Kaldu sapi.
  17. Sediakan 1 wortel.
  18. Siapkan 1 daun bawang.
  19. Gunakan 1 seledri.
  20. Siapkan 1 cm Kayu manis.
  21. Sediakan 2 Cengkeh.
  22. Sediakan 1/4 Pala.
  23. Siapkan 3 siung B putih keprak dan goreng dengan kulit.
  24. Siapkan 1 sdt Kaldu sapi.
  25. Gunakan 1-2 sdt garam.
  26. Sediakan 1/8 sdt lada putih.
  27. Siapkan 1 sdt gula.
  28. Sediakan Bahan lain.
  29. Sediakan Bihun beras.
  30. Sediakan iris Seledri dan daun bawang.
  31. Ambil Bawang goreng.
  32. Ambil Kol rebus.

Kalau dari arah kota Magelang, kita harus tetap berputar arah yang jalur paling cepatnya adalah berbelok di dekat Kantor Pos Muntilan lalu menuju arah. Jangan harap menemukan wortel, kentang, dan makaroni kalau Klikers memutuskan makan di rumah makan sop empal milik Bu Haryoko, Muntilan, Jawa Tengah ini. Klikers bakal melihat "pemandangan sop" yang minimalis. Hanya ada kubis alias kol, sedikit bihun, dan taburan bawang merah goreng.

BARU  Bagaimana Membuat Capcay Kuah Kental Anti Gagal

Langkah-langkah menyiapkan Sop Empal Muntilan:

  1. Rebus daging dengan 3 lt air hingga daging setengah matang. Angkat daging. Sisihkan 2 lt air kaldu..
  2. Untuk Kaldu. Panaskan kaldu. Tambahkan 2 cengkeh, sedikit pala, kayu manis, daun bawang dan seledri serta bawang putih dgn kulit yang sudah digoreng. Masak dengan api kecil. Bumbui dengan garam, lada, gula dan kaldu. Lalu saring..
  3. Ulek/tumbuk cabe dengan garam..
  4. Bacem daging. Haluskan bumbu bacem. Tambahkan air, sereh. Daun salam, gula merah.. Lalu masukan daging sapi yg setengah matang.biarkan mendidih. Bumbui dengan garam.lada. koreksi rasa lalu masak hingga lembut. Saya masak selama 4-6 jam dgn slow cook. Angkat. Tiriskan. Lalu goreng asal hanya utk warna. Lalu di Suwir suwir..
  5. Hidangkan dengan kol. Wortel, Bihun. Kuah. Taburan daun seledri dan bawang goreng. Sajikan dengan nasi yg dicampur ataupun terpisah..

Namun memasak sayur sop dengan lauk empal daging yang empuk mungkin sedikit sulit bagi sebagian orang, tetapi tidak dengan Bu Haryoko. Bu Haryoko ini adalah pemilik Warung Makan Spesial Sop Empal yang terletak di daerah Muntilan. Kali ini natagitu jajan kuliner enak Indonesia dan berkesempatan mencicipi makanan enak yaitu sop empal bu haryoko muntilan, magelang. Sop Empal Bu Haryoko merupakan daya tarik kuliner yang cukup legendaris di daerah Muntilan Magelang. Sebelumnya usaha sop empal ini dirintis oleh neneknya, Mbah Karto dan dilanjutkan oleh ibunya, Mbah Ngalim.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sop Empal Muntilan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!