Bagaimana Membuat Empal Asem Cirebon, Bikin Ngiler

Diposting pada
Bagaimana Membuat Empal Asem Cirebon, Bikin Ngiler

Empal Asem Cirebon. Empal asem ini berasal dari daerah cirebon, daerah asal saya. Rasanya seger dan kuahnya yang asam bikin tambah nafsu makan 😀 #MasakanJawaMadura Resep Empal Asem Paling Lezat Khas Cirebon. Empal asem merupakan salah satu makanan tradisional nusantara yang berasa dari Cirebon.

Bagaimana Membuat Empal Asem Cirebon, Bikin Ngiler Bahannya mirip dengan empal gentong, tetapi tanpa santan dan kunyit. Rasa empal asem ini segar karena menggunakan belimbing wuluh dan air asam jawa. Sementara, isiannya sama-sama daging dan jeroan sapi seperti babat dan limpa.

Anda sedang mencari inspirasi resep empal asem cirebon yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal empal asem cirebon yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Empal asem ini berasal dari daerah cirebon, daerah asal saya. Rasanya seger dan kuahnya yang asam bikin tambah nafsu makan 😀 #MasakanJawaMadura Resep Empal Asem Paling Lezat Khas Cirebon. Empal asem merupakan salah satu makanan tradisional nusantara yang berasa dari Cirebon.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empal asem cirebon, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan empal asem cirebon enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan empal asem cirebon sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Empal Asem Cirebon menggunakan 24 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Empal Asem Cirebon:

  1. Gunakan 750 gram daging sapi (untuk sop/soto/sandung lamur).
  2. Gunakan 8 butir kapulaga.
  3. Sediakan 8 buah cengkih.
  4. Gunakan 5 buah bunga lawang.
  5. Siapkan 2 cm jahe, bersihkan, geprek.
  6. Siapkan 2 buah serai, bersihkan, geprek.
  7. Ambil 5 lembar daun salam.
  8. Sediakan 3 liter air.
  9. Gunakan 2 sdm garam.
  10. Ambil 1 sdm gula pasir.
  11. Siapkan 1 sdt kaldu instan.
  12. Sediakan secukupnya air asam jawa (jika suka).
  13. Gunakan Bumbu halus:.
  14. Sediakan 5 butir bawang merah.
  15. Ambil 3 butir bawang putih.
  16. Gunakan 2 butir kemiri.
  17. Siapkan 1 sdm bumbu soto Bandung instan, jika tidak ada bisa diganti dengan 1 sdt ketumbar halus.
  18. Sediakan 1 sdt merica.
  19. Ambil 5 sdm minyak sayur, untuk menumis.
  20. Ambil Bahan Pelengkap:.
  21. Sediakan 200 gram belimbing wuluh, iris tipis.
  22. Gunakan 4 butir tomat merah, potong dadu kecil.
  23. Sediakan daun bawang atau kucai, iris halus.
  24. Siapkan bawang goreng.
BARU  Resep Sayur terong daun telo kuah kuning yang Lezat

Menu kuliner empal yang cukup terkenal di Cirebon adalah empal gentong, namun Anda juga patut mencoba salah satu varian empal lainnya yang tidak kalah nikmat, yaitu Empal Asem. Salah satu restoran atau rumah makan yang cukup terkenal akan kenikmatannya dalam meracik kuliner Empal Asem adalah Rumah Makan Amarta. Nama Kedai Empal Asam dan Empal Gentong H Apud sudah tersebar di tiga cabang di sekitar Kota Cirebon, antara lain Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev), Jalan Juanda atau biasa disebut Plered, dan kawasan Batik Trusmi. Tempat ini menawarkan rasa empal gentong dan empal asem yang khas dan aromatik.

Cara menyiapkan Empal Asem Cirebon:

  1. Didihkan air bersama kapulaga, cengkih, bunga lawang, jahe, daun salam, dan serai..
  2. Masukkan daging ke dalamnya. Rebus daging dengan api kecil hingga empuk (atau air telah berkurang setengah dari jumlah awal).
  3. Setelah daging empuk, ambil semua rempah yang ada di dalam air kaldu. Buang. Daging dipotong-potong bentuk kotak. Masukkan kembali ke dalam air kaldu..
  4. Panaskan minyak sayur dan tumis bumbu halus hingga harum..
  5. Masukkan tumisan bumbu ke dalam air kaldu dan daging. Tambahkan garam, gula pasir. Masak kembali selama kurang lebih 10 menit..
  6. Tambahkan kaldu instan dan air asam, jika suka. Koreksi rasa..
  7. Hidangkan panas dalam mangkuk. Taburi di atasnya dengan irisan belimbing wuluh, tomat, daun bawang atau kucai, dan bawang goreng..
  8. Empal asem ini bisa dihidangkan bersama nasi atau lontong dan sambal cabe rawit atau bubuk cabe rawit..

Empal Gentong Hj Apud adalah pelopor empal asem yang kini banyak dijual di gerai-gerai lain. Selain murah, empal gentong Hj Apud juga gerai yang lengkap menjual makanan khas cirebon lainnya seperti sate kambing muda, nasi lengko dan empal asem. Saat musim hujan, sajian hangat seperti empal gentong memang cocok untuk dijadikan menu makan keluarga, ya. Yuk, intip resep empal gentong yang praktis berikut ini! Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Empal Asem Cirebon yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!