Resep Empal Gentong, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Empal Gentong, Bisa Manjain Lidah

Empal Gentong. Empal gentong is a traditional Indonesian soup originating from Cirebon. Cooked in a clay pot, the soup is usually made with a combination of beef, shallots, garlic, candlenut, turmeric, nutmeg, coconut milk, kecap manis soy sauce, cloves, lemongrass, and kaffir lime leaves. Empal gentong is a traditional beef soup from the city of Cirebon in West Java, Indonesia.

Resep Empal Gentong, Bisa Manjain Lidah Empal gentong is a spicy Indonesian curry-like beef soup originating in Cirebon, West Java. It is similar to gulai that is usually cooked with firewood in a gentong stove (Javanese for: clay pot). The ingredients include cuts of beef, and cow offal such as intestine, tripes, lungs, etc. cooked with curry-like spices in coconut milk, kucai and sambal in the form of chilli powder.

Sedang mencari inspirasi resep empal gentong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal gentong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Empal gentong is a traditional Indonesian soup originating from Cirebon. Cooked in a clay pot, the soup is usually made with a combination of beef, shallots, garlic, candlenut, turmeric, nutmeg, coconut milk, kecap manis soy sauce, cloves, lemongrass, and kaffir lime leaves. Empal gentong is a traditional beef soup from the city of Cirebon in West Java, Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal gentong, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan empal gentong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat empal gentong yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Empal Gentong memakai 30 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Empal Gentong:

  1. Sediakan 250 gr daging sapi.
  2. Ambil 1 lt air.
  3. Sediakan 600 ml santan.
  4. Sediakan 5 sdm minyak sayur untuk menumis.
  5. Gunakan Bumbu yang dihaluskan:.
  6. Siapkan 8 siung bawang merah.
  7. Siapkan 4 siung bawang putih.
  8. Siapkan 2 btr kemiri sangrai.
  9. Siapkan 1 ruas jari kunyit bakar.
  10. Ambil 1 ruas jari jahe bakar.
  11. Siapkan 1/4 sdt lada butir (saya tidak pakai).
  12. Ambil Bumbu cemplung:.
  13. Sediakan 1 ruas jari kunyit bakar, memarkan.
  14. Ambil 1 ruas jari jahe bakar, memarkan.
  15. Gunakan 1 btg serai, memarkan.
  16. Sediakan 2 lbr daun salam.
  17. Ambil 1 lbr daun jeruk (tambahan saya).
  18. Siapkan 3 btr cengkeh.
  19. Siapkan 1/4 sdt kayumanis bubuk.
  20. Ambil 3 buah kapulaga (saya skip).
  21. Sediakan 2.5 sdt garam.
  22. Siapkan 1/2 sdt gula pasir.
  23. Ambil 1 sdt kaldu bubuk.
  24. Ambil Pelengkap:.
  25. Siapkan Secukupnya bawang goreng.
  26. Siapkan 1 btg bawang daun, iris kasar.
  27. Sediakan 1 buah jeruk nipis, iris.
  28. Ambil 1 buah tomat, potong-potong (optional).
  29. Sediakan Secukupnya cabe bubuk.
  30. Siapkan Secukupnya emping/kerupuk.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Bobor Daun Kelor Anti Gagal

Silakan klik link untuk GoFood disini. Kami menyediakan masakan tradisional seperti: Empal Gentong, Empal Asem, dan Tahu Gejrot. Menu istimewa lainnya: Sate Ayam, Sop Iga, Ayam Goreng Kremes, Ayam Bakar, Mie Jogja Goreng, Mie Jogja Godhog, dan Burung Malon (Manuk Londo) Goreng/Bakar. Hujan dari pagi, bikin yang hangat berkuah aja untuk maksi hari ini, yaitu empal gentong.

Langkah-langkah menyiapkan Empal Gentong:

  1. Cuci bersih daging, setelah itu rebus dengan sedikit air sebentar saja. Setelah itu angkat dagingnya lalu buang airnya..
  2. Rebus kembali 1 liter air, masukkan daging sapinya. Tambahkan bumbu cemplung seperti kunyit bakar, jahe bakar, serai, daun salam, daun jeruk dan cengkeh. Masak sampai daging empuk.
  3. Sementara itu, panaskan minyak sayur. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Lalu tuang ke dalam kuah daging. Aduk rata.
  4. Setelah itu tuang santannya. Lalu tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan kayu manis bubuk. Aduk rata, tes rasa. Masak sambil diaduk supaya santan tidak pecah.
  5. Setelah matang, angkat dan tuang ke dalam mangkuk saji. Sajikan empal gentong untuk teman nasi hangat dengan taburan bawang goreng, irisan bawang daun, air perasan jeruk nipis, sambal cabe bubuk dan kerupuk..

Empal gentong adalah kuliner khas Cirebon, bahan utamanya daging & jeroan sapi, kuahnya menggunakan berbagai rempah & santan, biasanya disajikan dengan taburan kucai & cabe. Haji Mahcfud atau yang lebih dikenal dengan nama H. Apud ini memulai usahanya dengan berjualan Empal Gentong di warung sederhana yang didirikannya ditepi jalan Ir. Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon. Kuahnya berwarna kekuningan serta menggunakan daging sapi sebagai isiannya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan empal gentong yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!