Resep Roti Gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa) Anti Gagal

Diposting pada
Resep Roti Gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa) Anti Gagal

Roti Gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa). Roti ini dibuat tanpa telur, tanpa susu, tanpa gula pasir, tanpa margarin/butter. Roti gandum jadi alternatif roti sehat untuk roti putih atau roti tawar biasa. Sebab jenis roti ini dibuat dari biji gandum yang kaya kandungan serat, protein, vitamin B, hingga.

Resep Roti Gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa) Anti Gagal Jika saat ini Anda sedang menjalankan program diet dan masih bingung mencari jenis roti gandum yang tepat untuk dikonsumsi. Harap dicatat bahwa beberapa makanan mungkin tidak cocok untuk beberapa orang dan Anda disarankan untuk mencari nasehat dari ahli gizi sebelum memulai program pengurangan berat badan atau diet. Untuk mendukung program diet anda, anda perlu memilih roti gandum yang berkualitas dan memiliki tekstur lembut.

Lagi mencari inspirasi resep roti gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal roti gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Roti ini dibuat tanpa telur, tanpa susu, tanpa gula pasir, tanpa margarin/butter. Roti gandum jadi alternatif roti sehat untuk roti putih atau roti tawar biasa. Sebab jenis roti ini dibuat dari biji gandum yang kaya kandungan serat, protein, vitamin B, hingga.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari roti gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan roti gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan roti gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Roti Gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa) memakai 7 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Roti Gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa):

  1. Ambil 400 gr tepung gandum (saya naturich bogasari).
  2. Ambil 4 gr ragi instan.
  3. Sediakan 45 gr madu murni (kalau mau lebih manis boleh tambah 2 sdm gula).
  4. Gunakan 310-350 ml air hangat.
  5. Ambil 3/4 sdt garam.
  6. Siapkan 45 ml minyak sayur/goreng.
  7. Sediakan Wijen secukupnya (optional).

Memulai hari dengan sarapan dengan roti gandum adalah pilihan yang tepat. Roti gandum memiliki nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuhmu dan membantu meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi juga mencegah kamu makan berlebihan di siang harinya. Berniat membuat roti yang sehat, saya memutuskan membuat roti gandum.

BARU  Cara Gampang Menyiapkan Pizza teflon, Menggugah Selera

Cara menyiapkan Roti Gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa):

  1. Masukkan semua bahan dalam satu wadah, uleni hingga lentur, pakai tangan atau mixer (saya tangan). Air saya tambahkan sedikit2 sampai tingkat kelenturan yg saya inginkan. Adonan yg siap cirinya sudah menyatu dan lentur, bukan windowpane seperti roti biasa..
  2. Bulatkan adonan, taruh diwadah yang diolesi minyak, tutup atasnya dengan kain atau plastik (saya loyang), diamkan 30 menit..
  3. Setelah 30 menit, kempiskan adonan, uleni lagi 2 menit. Setelah diuleni adonan akan elastis bila diregangkan. Tapi elastisnya tepung gandum dan tepung biasa beda ya, bukan seperti windowpane..
  4. Bulatkan lagi adonan. Karena saya pakai loyang kotak 16×16 yg diolesi minyak, maka adonan saya bagi dua, masing2 saya bentuk lonjong mengikuti panjang loyang. Lalu letakkan diloyang, diamkan sampai mengembang 2x..
  5. Setelah mengembang, panaskan oven tangkring 10 menit api sedang. Semprot permukaan roti dengan air, taburi wijen secukupnya. Mengembangnya roti gandum tidak sebesar roti biasa ya, jadi rotinya pendek. Kalau mau tinggi bisa pakai loyang lebih kecil persegi panjang dan adonan tidak usah dibagi dua..
  6. Masukkan loyang di rak tengah, panggang -+35 sampai 40 menit. Jangan lupa rak bawah oven diisi loyang berisi air panas agar setelah matang sisi2 roti tidak kering..
  7. Keluarkan adonan dari oven, olesi permukaannya dengan campuran minyak dan madu, dinginkan sebentar, keluarkan roti dari loyang, potong2 ketebalan sesuai selera, sajikan..

Kebetulan saya masih punya tepung gandum utuh (whole wheat) yang saya beli di Titan, toko bahan kue langganan. Biasanya whole wheat ini hanya saya gunakan sebagai campuran tepung terigu untuk cookies atau cake tapi kali ini saya akan membuat roti tawar yang murni dari tepung gandum saja. Mengonsumsi roti gandum diketahui bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan roti gandum termasuk sumber karbohidrat yang lebih lambat dicerna dan memiliki sifat tinggi kalori. Hasil y ang didapatkan dapat dilihat pada grafik pengukuran g ula darah pada tikus berikut ini.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan roti gandum 100% gandum (untuk diet/vegan bisa) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!