Resep Sayur Asem Kuah Bening Anti Gagal

Diposting pada
Resep Sayur Asem Kuah Bening Anti Gagal

Sayur Asem Kuah Bening. Sayur kuah bening atau sup bening bisa jadi pilihan makanan sahur. Selain ringan dan mudah ditelan tenggorokan, sayur kuah bening biasanya mengandung banyak vitamin. Ada sayur asem Jawa dengan bumbu ulek yang kuahnya sedikit keruh kemerahan.

Resep Sayur Asem Kuah Bening Anti Gagal Seperti labu siam, kacang panjang, jagung manis, melinjo, kol dan kacang merah. Dalam hal penampilan, sayur asem Betawi juga memiliki kuah yang bening dengan berbagai isian sayuran didalamnya. Cita rasanya sangat nikmat dan segar dengan perpaduan rasa asam, manis dan juga asin.

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem kuah bening yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem kuah bening yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem kuah bening, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur asem kuah bening yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Sayur kuah bening atau sup bening bisa jadi pilihan makanan sahur. Selain ringan dan mudah ditelan tenggorokan, sayur kuah bening biasanya mengandung banyak vitamin. Ada sayur asem Jawa dengan bumbu ulek yang kuahnya sedikit keruh kemerahan.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur asem kuah bening yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem Kuah Bening menggunakan 18 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur Asem Kuah Bening:

  1. Siapkan 1 bh Jagung Manis (potong sesuai selera).
  2. Gunakan 5 bh kacang panjang (potong sesuai selera).
  3. Siapkan 4 bh labu siam (potong sesuai selera).
  4. Ambil 5 potong Nangka muda (sesuaikan).
  5. Ambil sedikit kacang tanah kupas.
  6. Ambil daun melinjo (secukupnya).
  7. Siapkan melinjo muda (secukupnya).
  8. Ambil 4 bh Asam Jawa (sesuai selera).
  9. Ambil 1 liter air (sesuai selera).
  10. Siapkan sedikit terasi (sangrai).
  11. Sediakan secukupnya Garam.
  12. Ambil secukupnya gula.
  13. Sediakan 3 .
  14. Siapkan Bumbu.
  15. Siapkan 7 siung bawang putih (geprek iris kecil2).
  16. Ambil 3 bh Cabai rawit merah (belah 2).
  17. Sediakan 5 cm lengkoas (geprek).
  18. Sediakan 3 lembar daun salam.
BARU  Resep Terong cabe garam yang Bikin Ngiler

Sayur asem ini sangat cocok untuk dimakan bersama dengan ikan asin, tempe goreng dan juga sambal. Resep Sayur Asem Jawa Kuah Bening. Masukkan iris bumbu setelah air mendidih. Setelah itu, masukkan saja iris bumbu ke dalam air.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Kuah Bening:

  1. Siangi sayuran..cuci beraih dan tiriskan.
  2. Siapkan air di dalam panci,masukan jagung,melinjo dan kacang tanah. lalu masukan lengkoas dan daun salam dan asam jawa..rebus sampai mendidih dan empuk..
  3. Setelah empuk masukan bawang putih dan terasi, masukan labu dan nangka,, rebus kembali sampai empuk (jagan terlalu empuk).
  4. Setelah agak empuk masukan garam dan gula icip rasa.lalu masukan daun melinjo dan kacang panjang dan cabai…
  5. Klo sudah kira2 matang, ngkat dan hidangkan..
  6. Selamat mencoba?.

Selain iris bumbu, masukkan juga galang yang telah digeprek dan daun salam yang sudah robek ujungnya ke dalam air. Ternyata sayur asem tidak hanya ada satu jenis, lho. Tak usah menunggu perayaan, Sayur Asem Kuah Bening juga bisa dimasak tiap hari apalagi dipadukan dengan nasi atau ketupat. Cara masak & membuat kuah segar ini sangat sederhana. Ada khas Betawi/Jakarta, Sunda, Bening, Banjar dll.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur asem kuah bening yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!