Resep Sayur Asem khas Jawa Timur-an, Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Sayur Asem khas Jawa Timur-an, Menggugah Selera

Sayur Asem khas Jawa Timur-an. Gunakan kangkung, tauge, dan timun krai sebagai bahan khas. Kalau sayur asem Jakarta, di dalamnya wajib ada pepaya muda dan nangka muda. Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya.

Resep Sayur Asem khas Jawa Timur-an, Menggugah Selera Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Lagi mencari ide resep sayur asem khas jawa timur-an yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem khas jawa timur-an yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Gunakan kangkung, tauge, dan timun krai sebagai bahan khas. Kalau sayur asem Jakarta, di dalamnya wajib ada pepaya muda dan nangka muda. Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem khas jawa timur-an, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur asem khas jawa timur-an enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sayur asem khas jawa timur-an sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem khas Jawa Timur-an menggunakan 18 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sayur Asem khas Jawa Timur-an:

  1. Siapkan Segenggam kangkung, cuci siangi, sisihkan.
  2. Ambil 1 buah labu siam.
  3. Sediakan 1 buah wortel.
  4. Gunakan 1 buah terong.
  5. Siapkan 1/2 ikat kacang panjang.
  6. Sediakan Secukupnya daun melinjo.
  7. Ambil Secukupnya kulit melinjo.
  8. Gunakan Secukupnya daun seledri.
  9. Sediakan 2 siung bawang putih, iris tipis.
  10. Gunakan 3 siung bawang merah,iris tipis.
  11. Gunakan 1 L air mineral.
  12. Siapkan 2 biji asam jawa.
  13. Siapkan 1 buah tomat hijau/merah (sesuai selera).
  14. Ambil 12 biji cabai hijau di potek.
  15. Ambil 1 ruas laos.
  16. Siapkan 2 lembar daun salam.
  17. Siapkan Secukupnya gula.
  18. Gunakan Secukupnya garam.
BARU  Resep Egg Chicken Roll ala bento (Frozen food) yang Lezat

Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Assalamualaikum teman- temanKali ini saya akan berbagi resep #sayur asem koroAla dapur Azizah. Untuk isinya bebas mau pake apa saja. Sama dengan sayur asem lainnya, sayur asem khas Jawa Timur ini pun memiliki cita rasa yang begitu enak dan pastinya akan menggugah selera.

Cara menyiapkan Sayur Asem khas Jawa Timur-an:

  1. Siapkan semua bahan, cuci bersih dan potong2 sesuai selera..
  2. Didihkan air, masukkan duo bawang, salam, laos dan cabai hijau..
  3. Masukkan labu siam, wortel, terong ke dalam panci. Setelah sedikit matang baru masukkan bahan yang lain..
  4. Beri garam dan gula. Test rasa..
  5. Terakhir masukkan kangkung dan daun seledri. Masak sebentar. Angkat dan siap di sajikan..

Kuah yang dicampur dengan rempah dan komposisi bumbu yang khas membuat hidangan sayur yang satu ini menjadi lebih istimewa. Sensasi asam dari kuahnya pun akan menyegarkan kita. Masukkan kacang panjang, nangka rebus dan daun melinjo. Lihat juga resep Sayur Bening khas Jawa Timur enak lainnya. Sementara itu, sayur asem Jawa, ada yang khas Jawa Tengah, ada pula Jawa Timur.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem khas jawa timur-an yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!