Resep 114. Rendang Ikan Tongkol Suwir, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep 114. Rendang Ikan Tongkol Suwir, Bisa Manjain Lidah

114. Rendang Ikan Tongkol Suwir. Rendang Ikan Tongkol Suwir. ✨Seiring perkembangan zaman, rendang juga disajikan dengan cara disuwir suwir terlebih dahulu. Salah satunya yaitu Rendang Ikan Tongkol Suwir. Membuatnya pun tidak selama membuat rendang daging.

Resep 114. Rendang Ikan Tongkol Suwir, Bisa Manjain Lidah Masukkan ikan tongkol yang sudah di suwir kedalamnya, aduk merata dan masak hingga daging ikan tercampur dengan bumbu ini. Ikan Tongkol – Banyak yang beranggapan bahwa ikan tongkol dengan ikan tuna adalah sama. Memang kedua jenis ikan ini sering dikonsumsi oleh banyak orang.

Sedang mencari ide resep 114. rendang ikan tongkol suwir yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal 114. rendang ikan tongkol suwir yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 114. rendang ikan tongkol suwir, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan 114. rendang ikan tongkol suwir enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Rendang Ikan Tongkol Suwir. ✨Seiring perkembangan zaman, rendang juga disajikan dengan cara disuwir suwir terlebih dahulu. Salah satunya yaitu Rendang Ikan Tongkol Suwir. Membuatnya pun tidak selama membuat rendang daging.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat 114. rendang ikan tongkol suwir yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan 114. Rendang Ikan Tongkol Suwir memakai 24 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan 114. Rendang Ikan Tongkol Suwir:

  1. Siapkan 1/2 kg ikan tongkol.
  2. Sediakan Secukupnya garam untuk melumuri ikan tongkol.
  3. Gunakan 1,2 Liter santan kental.
  4. Sediakan sesuai selera Garam / kaldu jamur.
  5. Gunakan Bumbu Halus.
  6. Gunakan 15 butir bawang merah.
  7. Ambil 7 siung bawang putih.
  8. Siapkan Seruas jahe.
  9. Sediakan Seruas kunyit.
  10. Sediakan 2 ruas jempol lengkuas.
  11. Siapkan 12 buah cabe merahkeriting (sesuai kan dengan selera masing masing.
  12. Siapkan 2 buah kemiri sangrai.
  13. Gunakan Rempah Rempah.
  14. Ambil 1 buah bunga lawang.
  15. Gunakan 3 butir cengkeh.
  16. Sediakan 5 cm kayu manis.
  17. Gunakan Seujung sdt merica bubuk.
  18. Gunakan Sedikit pala bubuk.
  19. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  20. Gunakan Dedaunan.
  21. Siapkan 1 lembar daun kunyit.
  22. Siapkan 2 batang sereh memarkan.
  23. Ambil 3 lembar daun salam.
  24. Siapkan 5 lembar daun jeruk.
BARU  Resep Puding Coklat oreo yang Lezat Sekali

Ikan tongkol bisa diolah menjadi berbagai makanan enak. Dimakan dengan nasi panas adalah cara menikmati ikan tongkol terbaik. Kita bisa menggunakan ikan tongkol segar atau ikan tongkol pindang yang banyak dijual di pasaran. Nah, terkadang jika kita menggunakan ikan tongkol Resep tongkol suwir ini sangat cocok disajikan dengan nasi hangat dan aneka tumisan sayur, seperti tumis kangkung atau tumis kacang panjang.

Cara membuat 114. Rendang Ikan Tongkol Suwir:

  1. Lumuri ikan dengan garam selama 15 menit.
  2. Goreng di minyak kecil cenderung sedang hingga semua matang. Lalu suwir suwir.
  3. Buat Ambu Ambu. Sangrai 1/2 kelapa parut hingga kecoklatan. Lalu giling dengan ulekan hingga halus (tidak disarankan dengan blender).
  4. Masukkan dalam wajan, bumbu halus, santan, dan dedaunan. Masukkan juga rempah rempah. Kocok rata, baru hidupkan api. Aduk terus hingga mendidih. Lalu biarkan hingga santan mengeluarkan minyak.
  5. Setelah minyaknya keluar, tambahkan ambu ambu tadi. Aduk rata. Biarkan hingga santan hingga mengeluarkan minyak lagi selama 10 menit. Cek rasa. Jika kurang asin, bisa ditambahkan dengan garam/ kaldu jamur sesuai selera..
  6. Lalu masukkan daging ikan suwir. Aduk rata. Tunggu hingga rendnang kering. Jangan lupa untuk diaduk agar dibawahnya tidak gosong.
  7. Rendang Ikan Tongkol Suwir siap disajikan dengan nasi hangat.

Ikan Tongkol – Kamu pasti pernah kan mencoba hidangan ikan tongkol? Ikan tongkol adalah salah satu dari ratusan jenis ikan yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Ikan ini berasal dari suku Scombridae, sebuah famili ikan untuk jenis makarel, tuna, dan bonito. Selain ekonomis, ikan tongkol juga kaya akan protein loh. Biasanya orang-orang mengolahnya dengan cara digoreng.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat 114. rendang ikan tongkol suwir yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!